Rabu, 20 Oktober 2010

Binis Sampah Plastik

Populasi manusia adalah ancaman terbesar dari masalah lingkungan hidup di Indonesia dan bahkan dunia. Setiap orang memerlukan energi, lahan dan sumber daya yang besar untuk bertahan hidup. Kalau populasi bisa bertahan pada taraf yang ideal, maka keseimbangan antara lingkungan dan regenerasi populasi dapat tercapai. Tetapi yang sedang menjadi persoalan saat ini adalah populasi manusia tidak bertahan pada taraf yang ideal. Karena populasi yang tidak terkendali itu maka terciptalah banyak pengangguran dan lingkungan pun menjadi “sumpek”, terutama di kota-kota besar. Sampah dan pengangguran menjadi kendala utama yang mengancam masalah lingkungan di negara Indonesia yang sangat dicintai ini. Sampah yang paling sulit diatasi adalah sampah plastik. Sampah plastik di sektor pertanian saja mencapai 100 ton, belum dari sector lainnya.

Selama ini sampah plastik hanya dilihat sebagai sampah semata. Hampir dari semua manusia yang melihat sampah plastik tidak pernah terpikir bahwa dari sampah tersebut dapat diciptakan suatu lapangan kerja baru yang dapat mengatasi masalah pengangguran saat ini dan tentunya juga dapat menghasilkan uang sebagai sumber matapencaharian. Selain itu, sampah plastik juga bisa dijadikan bisnis yang menarik untuk diterjuni.
Jenis usaha daur sampah plastik terbilang handal dan fleksibel karena permintaan pasarmya terus meningkat.

Beberapa tahun kebelakang ini daur ulang sampah plastik memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mulai banyak orang yang menjalankannya semenjak pemerintah menggalakan penghijauan karena munculnya global warming. Tetapi banyak juga dari masyarakat yang menganggapnya sebagai angin lalu.

Sebenarnya bisnis ini lebih mengutamakan kreativitas daripada modal. Dari plastik ini bisa diolah menjadi tas dan pernak-pernik yang unik. Semakin kreatif anda mengubah plastik menjadi barang yang lebih baik semakin mahal pula harganya.

Dari sampah bisa disulap menjadi rupiah. Sebenarnya banyak pilihan di bisnis sampah plastik ini. Bisa mendaurnya untuk kalung, gelang, gantungan HP, tas, payung, dan lain-lain.

Untuk memulai mendaur plastik menjadi suatu benda yang berguna dan memiliki nilai ekonomi harus dilakukan beberapa langkah berikut,
1. Pisahkan antara sampah kering dengan sampah basah
2. Bersihkan sampah kering seperti bungkus makanan ringan, mi instant, kopi, susu, dan deterjen.
3. Plastik yang sudah dibersihkan dipotong sesuai dengan pola barang yang akan dibuat.
4. Selanjutnya gunakan kreativitas anda untuk membuat barang yang unik dan menarik.
Kerajinan dari sampah plastik sudah menjadi produk fashion tersendiri. Jadi apa yang perlu ditakutkan untuk memulai bisnis ini?
Toh pasarnya pun menjanjikan.!!

Buat jadi seberkualitas mungkin. Puaskan para pelanggan dengan kreativitas dan ide dari dalam pikiran kita.

1 komentar:

syifa rizky amanda mengatakan...

Hei friend, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, Studentsite studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link inihttp://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

makasi :)

Posting Komentar

 
;